Rabu, 11 April 2012

Benarkah Yesus di ciptakan sama seperti malaikat lain?


Banyak orang berpendapat bahwa Yesus juga adalah ciptaan seperti malaikat lain.  Pendapat ini didasari kata-kata dalam alkitab yang mengatakan “Yang sulung” dari segala ciptaan, sehingga mereka berpendapat, sebagai ciptaan tidak mungkin Yesus bersama-sama dengan Allah sejak zaman kekekalan?
Mari kita pelajari……
Ayat yang dipertanyakan itu adalah kol 1:15, “Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,..”
Bahasa yunani kata ini adalah protokokos, yang berarti yang terutama – yang mempunyai hak-hak istimewa dan hak-hak prerogative Allah.  Kata “sulung” tidak dipandang dari sudut waktu, tetapi dari sudut pandang hak-hak istimewa-Nya.

Semua hak-hak kesulungan ada pada-Nya. Contoh: Daud adalah anak ke depalan dari Isai, tetapi dia juga disebut anak sulung. Yesus menyebut diri-Nya sebagai “AKU” Yoh 8:58, yang berarti seseorang yang berada atas diriNya sendiri (self – existent one).  Dia mengatakan “Sebelum Abaham jadi, Aku ada”
Yesaya menyebutnya bapa yang kekal (Yesaya 9:5).  Mikha menyebutnya yang permulaanya sudah sejak purbakala (Mikha 5:1).  Yohanes menegaskan bahwa “Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.” (Yoh 1:1).
Jadi, Yesus memiliki hak istimewa dan hak prerogatife Ke-Allahan.  Dia rela menanggalkan kesetaraanya dengan Allah demi dunia yang hilang, sehingga Ia rela meninggalkan sorga dan menjadi manusia.  Dia mengenakan tubuh manusia, berjuang dalam perjuangan sebagaimana kita dan berhasil memenangkannya atas nama manusia. (fil 2:5-11; Ibr 2:14, 17).
Ayat-ayat yang berhubungan dengan ke-Ilahian Kristus:
Matius 1:23, Yoh 1:1, Yoh 17:5, 24, Yoh 8:58, Kel :4, Lukas 5:20-24, Yoh 20:28, Ibrani 1:5-9, Yes 9:6, Mika 5:2, 1 Tim 6:15, 16, Wahyu 1:18, Filipi 2:5-12.






Share

Twitter Facebook Digg Delicious Favorites More