Rabu, 11 April 2012

Beginilah Nabi-Nabi PL Menubuatkan Yesus


Pendahuluan
Seandainya nubuatan yang autentik berusia seribu tahun ditemukan yang memuat rincian pribadi dari seorang Presiden Amerika yang tersohor. Coba bayangkan berita tentang penemuan tersebut berbunyi seperti berikut: Yayasan Smithsonian mengumumkan bahwa gulungan kuno telah ditemukan disalah satu gua di New Hampshire dekat daerah bekas penghunian Viking.
Gulungan tersebut tertutup rapat dalam sebuah kendi yang terbuat dari batu da terawat baik sekali. Setelah diteliti secara ilmiah ternyata para arkeologi Smithsonian sependapat bahwa gulungan yang ditemukan itu berasal dari zaman Viking dan membuat suatu nubuatan yang autentik mengenai kehidupan dan pekerjaan Abraham Lincoln.

Alangkah cepatnya berita seperti itu bergema di seluruh dunia ini! Pelantikannya, tabiatnya, keberhasilannya, popularitasnya, pertentangan yang akan dihadapinya, penghianatan yang dialaminya, pembunuhannya, dan sebagainya semuanya dirinci dalam gulungan itu dengan tepat sekali sampai pada tahun yang tepat, bulan hari dan jam kematian presiden itu! Dan semua ramalan ini ditukiskan seribu tahun sebelum terjadi! Berita seperti itu adalah fiksi tetapi yang satu ini adalah fakta: KEBENARAN YESUS KRISTUS DIDUKUNG OLEH RAMALAN YANG BENAR SEPERTI YANG SUDAH DIJELASKAN!

Tulisan-tulisan perjanjian lama yang disiapkan ratusan tahun menjelang kelahiran Kristus terdiri dari tiga ratus lebih nubuatan mengenai Yesus Kristus. Semua memberi rincian tentang biografi orang Nazaret— telah ditulis beberapa abad sebelum terjadi. Kesaksian nubuatan tersebut digolongkan sebagai kumpulan Nubuatan Perjanjian lama. Seperti sebuah kendaraan yang sedang dirakit satu persatu sementara bergerak diatas ban berjalan, demikian lah bayangan sang pembebas yang dijanjikan atau Mesias itu terbentuk dalam lembaran-lembaran perjanjian lama.

Seperti dijelaskan oleh seorang cendikiawan seperti fenomena nubuatan Alkitab, perpaduan kesaksian nubuatan ini telah memberikan kiasa yang tidak ada duanya kepada Yesus Kristus. Tidak ada seorang pemimpin agama dan tidak ada kepribadian seperti Dia yang pernah dihasilkan dengan latar belakang yang luar biasa seperti Yesus. Dari ratusan nubuatan perjanjian lama yang rumit yang memfokuskan pada Yesus Kristus, kita munculkan contoh penting yang berikut ini:

1. NUBUATAN YANG DIFIRMANKAN
Kej 3:15 ► perjanjian “benih perempuan” yang akan “meremukkan kepala Ular itu”
Kej 49:10 ► kedatangan “Silo” Yaitu “poembawa damai”
Bil 24:17 ► kedatangan bintang dari Yakub
Ul 18:18,19 ► kedatangan Nabi seperti Musa
Mi 5:2 ► Betlehem dinyatakan sebagai tempat lahir-Nya
Yes 7:14 ► lahir dari seorang perempuan muda. Akan dinamai “Imanuel” artinya Allhah beserta kita.
Yes 9:6,7 ► Raja damai Allah yang perkasa
Yes 61:1-3 ► Pelayanan penyembuhan dan Khotbah Kristus.
Yes 53:4-9 ► Penderitaan dan kematian Kristus

CATATAN TENTANG MIKHA 5:2 ketetapan yang ajaib dari nubuatan ini bisa saja tidak dimengerti karena ada DUA “Betlehem” di Palestina purba datu diutara yang dikenal dengan nama Betlehem di Zebulon atau Betlehem di Galilea (lihat Yos 19:15) dan satu lagi diselatan yang dikenal dengan nama Betlehem di Yehuda: atau Betlehem Efrata (lih Hakim 17:7). Kita harus membedakan ini dari Betlehem di Utara. Fakta bahwa Betlehem disebelah selatan dengan jelas disinggung dalam Mikha 5:2 memberi keterangan tambahan mengenai nunuatan yang penting ini.

2. NUBUATAN YANG DILAKUKAN
Kej 3:21 ► pakaian yang dibuat dari kulit di Eden. Jubah yang dibuat Allah sendiri dan yang bahannya diambil dari kulit hewan yang di sembelih membayangkan kematian Kristus dan melambangkan jubah kebenaran-Nya. (bandingkan dengan Why 3:5,18
Kej 28:12 ► Tangga Yakub yang ajaib (band Yoh 1:51)
Kel 12:3,4 ► Domba paskah (Band Yoh 3:14,15).
Bil 20:8-11 ► Bukit batu yang dipukul oleh Musa–Bukit batu itu adalah Kristus. (Ban 1 Kor 10:4).
Im 1-4 ► semua upacara persembahan korban pada bait suci Yahudi purba adalah nubuatan yang didramatisasi mengenai kematian Kristus sebagai korban dan keimamatan-Nya di surga (band Yoh 1:28; Ibrani 3:1; 4:14-16,; 8:1,2).

3. NUBUATAN MANUSIA
Riwayat hidup dari beberapa tokoh perjanjian lama membuat banyak persamaan antara manusia dan Juruselamat sehingga kita haris menganggapnya sebagai tokoh yang melambangkan dalam menunggu kegenapan nubuatan siapoa yang membayangkan Kristus dalam beberapa aspek tabiat dan pekerjaan-Nya sebagai Mesias. Setiap toko buku perjanjian Lama tersebutdiatas adalah sama dengan poster nubuatan yang menunjukkan pada seorang tokoh uang lebih agung, yang lebih kaya, yang akan datang.

(1) ABRAHAM. Dipanggil untuk mengorbankan Putranya di Gunung Moria (Kej 22:2-12)

(2) MELCHISEDEK. Memadukan fungsi seorang raja dan imam (kej 4:18).

(3) YUSUF. Cerita yang paralel antara Yusuf dan Yesus sangat mengagumkan. Orang yang dikasihi oleh ayahnya, Yusuf adalah seorang yang ganteng dan bertabiat baik dan benar. Ia dikaruniakan dengan penglihatan atas nubuatan. Namun ia ditolak, di hina, dikhianati oleh saudaranya sendiri dan kemudian dijual sebagai seorang yang didak berharga. Dalam penggodaan, ia tidak berdosa.
Dituduh tanpa alasan dan ia dipenjarakan dan di kutuk.. dari lembah yang memalukan ini dan dari kedukaannya yang amat dalam ia diangkat secara dramatis sampai pada pouncak kekuasaan. Ia diutus ketengah-tengah bangsanya untuk menyelamatkan negeri Mesir. Kepadanya semua haris bertekuk lutut termasuk orang yang pernah menyiksanya dan yang mengkhianatinya, dan orang yang mendapat keampunan dari padanya. (Kej 37-50)

(4) MUSA. Diancam dengan hukuman mati pada waktu masih bayi, namun nyawanya diselamatkan dengan cara ajaib, ia menjadi alat untuk melepaskan umatnya dari perbudakan Mesir, menjadi nabi, pemimpin, dan poembuat peraturan bagi umatnya. Rela mengorbankan diri untuk keselamatan umatnya(Kel 32:21,32).

(5) BOAZ. Penebus kaumnya (Rut 5:9.11)

(6) YUNUS. Dikorbankan demi keselamatan awak kakpal; tiga hari lamanya ia dibawa ke dasar lautan yang sangat dalam lalu dilemparkan kemudian kedaratan. Suatu bayangan dari kematian, penguburan dan kebangkitan Yunus pasal 1 dan 2 bandingkan dengan Mat 12:39,40 dan i Kor 15:3,4.

4. NUBUATAN WAKTU
Kej 49:10; “Mesias” yang dijanjikan itu juga disebut “SILO” artinya “Pembawa damai” akan datang sebelum tongkat kerajaan itu terangkat dari tangan suku Yehuda untuk selama-lamnya. Sejarah membuktikan bahwa pada waktu Yesus berumur dua belas tahun, Arkhelaus, Raja Yehuda telah dicopot kekuasaannya oleh pemerintahan Romawi dan digantikan oleh Koponius, yaitu seorang penguasa. Oleh kerena itu, kerajaan Yehuda yang terakhhir sebagai lambang kebesaran bangsa Israel telah diciutkan menjadi suatu provinsi dari Siria. Tetapi Kristus sudah lahir di Betlehem; “SILO” sudah datang pada waktu tongkat kerajaan itu masih ditangan Yehuda, karena itu, nubuatan telah memenuhi kegenapannya.

Mal 3:1. Mesias yang disebut “Malaikat perjanjian itu akan datang pada waktu Bait suci di Yerusalem masih berdiri dalam kemegahannya. Kristus menggenapi ramalan ini juga. Tetapi empat puluh tahun setelah kematian-Nya, tentara Romawi dibawah pimpinan Titus memusnahkan bait suci yang megah itu dan tidak meninggalkan satu batu pun berdiri di atas yang lainnya (lih Mat 24:1,2)
Dan 9:24-27: nubuatan yang paling menonjol dan paling menkjubkan dari semua nubuatan perjanjian lama adalah nubuatan mengenai “Nubuatan 70 minggu” yang melambangkan 490 tahun harafiah yang mencakup dari mulainya pembangunan bangsa Yahudi (457 S.M.) oleh kerajaan Persia sampai pada munculnya da matinya “Mesias, Raja Salam”. Jika kita pelajari nubuatan ini dihubungkan dengan upacara pesta paskah setiap tahun, maka kita akan dapat melihat bahwa TAHUN, BULAN, HARI,SERTA JAM kematian Kristus sudah dinubuatkan ratusan tahun sebelum terjadi. Nubuatan “Tujuh puluh minggu” adalah kunci dari nubuatan mengenai Mesias. Kristus sendiri menggunakan ramalan ini sebagai pergumulan dari pelayanan-Nya di bumi ini (mark 1:15)

Kesimpulan
Bayangkanlah sebuah rumah dengan tigaratus pintu dan tigaratus anak kunci yang berlainan. Kunci-kunci itu sangat agung dan sagat rumit sehingga tidak ada seorang pun tukang kunci yang dapat membuat anak kunci diseluruh nrgeri itu yang bisa membuka pintu-pintu itu. Kemudian coba bayangkan seorang datang dengan kunci induk yang bisa membuka semua kunci pintu itu yang berjumlah tigaratus pintu. Apakah anda masih bimbang bahwa orang tersebut sebenarnya adalah pemilik anak kunci induk itu?

Seperti kita sudah lihat dalam penuntun pelajaran ini bahwa nubuatan-nubuatan buku Perjanjian Lama adalah ibarat satu seri kunci yang membingungkan, dan kita sedang menunggu kedatangn seorang “Manusia” dengan anak kunci induk ditangan-Nya. Hanya ada seorang Manusia—Cuma satu—dalam sejarah dunia ini yanf memenuhi ramalan-ramalan itu, dan Manusia itu ialah Yesus dari Nazaret.

Beberapa nubuatan Alkitab Perjanjian Lama secara terang difokuskan dan amat tepat sampai kepada rincian yang kecil sekalipun. Ada beberapa yang ditak difokuskan terlalu jelas, dan hanya sekadar keterangan atau penunjuk jalan. Ada juga beberapa yang sperti tersembunyi. Ada yang berdiri sendiri dan menimbulkan bahan perbincangan. Tetapi kesaksian yang diberikan oleh nubuatan itu adalah hal yang harus diterima. Sama seperti jari-jari pada suatu roda, semua menunjuk pada satu Tokoh sejarah da bukti-bukti yang terkumpul menjadi penunjang pada pernyataan nubauatan itu sendiri “Tentang Dia semua nabi bersaksi” (Kis 10 :43)

Lalu Ia menjelaskan kepada mereka yang tertulis tentang Dia dalam seluruh kitab suci, mulai dari kitab-kitab Musa dalam kitab Taurat dan segala kitab nabi-nabi (luk 24:27). Kami telah menemukan Dia yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret. (Yoh 1:45).


Share

Twitter Facebook Digg Delicious Favorites More