Rabu, 11 April 2012

Penyebab di tundanya kedatangan Yesus yang kedua kali


Renungan khusus buat orang-orang yang suka berlama-lama tinggal didunia..

Melalui renungan ini, saya mengumumkan bahwa kedatangan Yesus kedua kali tertunda untuk kesekian kali.  Mungkin anda bertanya-tanya, lho ko bisa..? jelas bisa dong..pesawat aja bisa tertunda atau delay kedatanganya apalagi Yesus..! tapi mungkin anda berpikir..bahwa Yesus tidak bisa disamakan dengan pesawat..itu benar sekali..Yesus bukan pesawat ..

Lalu mengapa kedatangan Yesus tertunda..? apakah dia menumpang pesawat..lalu pesawat yang ditumpanginnya mengalami keterlambatan..? atau kerusakan..? tentu saja tidak demikian..

Lalu apa penyebab kedatanganNya tertunda..?

Tentu banyak sebab..dan penyebab utama bukan pada Yesus atau pada penghuni sorga.  Penyebab utama adalah ada pada umat-umat Tuhan sendiri.  Mungkin anda heran..lho kok bisa..? ya bisa dong..

Ilustrasi berikut ini mungkin bisa menolong..

Beberapa tahun yang lalu saya akan berkunjung kerumah seorang sahabat..sebelumnya saya sudah telepon bahwa saya akan datang kerumahnya, lalu dia katakan bahwa dia siap menerima saya dirumahnya.  Setelah hari H, saya pun bersiap dan berangkat kerumahnya, dan ketika sudah dekat  saya telepon lagi bahwa saya  sudah dekat..hampir  tiba…

Namun teman saya ini, mengatakan supaya saya jangan datang dulu karena persiapan mereka belum rampung..lalu saya diminta berjalan-jalan dulu dan datang sekitar 2 jam lagi, akhirnya sayapun pergi dan menunda kedatangan saya kerumahnya selama 2 jam..keterlambatan bukan pada saya tetapi pada sahabat saya ini..

Hal yang sama juga terjadi kepada umat-umat Tuhan.  Bukan Yesus yang menunda kedatanganNya, tetapi kitalah yang suka memperlambat.  Sangat ironis kita tidak siap menyambut Yesus datang dengan segera.  Kita membuat berbagai macam alasan untuk memperlambat Dia tiba dengan segala macam urusan duniawi dan kesenangan duniawi..

Beberapa waktu yang lalu dalam sebuah pertemuan ibadah, saya bertanya kepada semua hadirin..jika Yesus datang hari ini apakah anda sudah siap..?  apa reaksi hadirin..? dari ratusan hadirin, hanya ada sekitar 10 orang yang tunjuk tangan yang mengatakan mereka siap..sisanya ragu-ragu dan mengatakan mereka tidak siap..

Banyak alasan yang dibuat..ada yang mengatakan dosanya masih banyak..ada yang bilang dia belum menikah, bahkan ada yang bilang dia masih ingin menikmati kehidupan dunia ini, dll…

Jika dosa adalah penghambat anda untuk bertemu Tuhan, mengapa tidak menyelesaikan dosa itu sekarang juga? Bukankah Yesus mengampuni setiap orang  dan menghapus dosa mereka yang datang kepada-Nya..! jika urusanya adalah pernikahan, bukankah nanti di sorga kita akan hidup seperti malaikat..! ah..manusia memang pandai mencari alasan..

Namun apapun alasan anda dan saya, Yesus tidak akan pernah memakluminya..Yesus mungkin menunda sementara tapi tidak untuk seterusnya..

Mengapa demikian..?

Sebab Yesus sudah berjanji untuk datang dan tidak akan menunda terlalu lama.  Yesus sangat baik dan terlalu baik, sehingga dia beri kita banyak kesempatan, bahkan dia menunda untuk mematangkan persiapan kita..

Mengapa Yesus menunda..? Alkitab memberi jawaban,

 2Pe 3:9  Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

2Pe 3:15  Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat…

Jawabanya adalah karena Allah sabar terhadap kita.

Oleh karena kesabaranNya, Dia memberi kita banyak kesempatan untuk bertobat, sebab Allah tidak ingin kita binasa.  Tapi kita harus ingat, bahwa kesabaran Allah ada batasnya..Allah tidak akan menunggu anda terus menerus jika ternyata anda tidak ada perubahan hidup..

Jadi persoalan utama bukan pada Yesus..namun pada manusia sendiri..sebenarnya Yesus sudah ingin segera bertemu dengan kita, Dia tidak ingin berlama-lama..

Oleh karena itu, marilah kita menggunakan kesabaran Allah itu, untuk mempersiapkan diri dengan bertobat dari cara hidup kita yang duniawi..gantilah dengan cara hidup sorgawi, sebab orang-orang duniawi tidak akan siap dan tidak akan masuk kedalam kerajaanNya..

2Pe 3:10  Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.

2Pe 3:11  Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup

2Pe 3:12  yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.

2Pe 3:13  Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.

2Pe 3:14  Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.

ANDA SIAP ATAU TIDAK YESUS PASTI DATANG


Share

Twitter Facebook Digg Delicious Favorites More